Thursday, April 15, 2010

Tips Hemat A'la Audy

Hey readers, di posting kali ini aku mau sedikit berbagi tips hemat a’la aku.
Di jaman metropolitan, yang disertai kenaikan harga dari barang-barang kebutuhan remaja, tapi ga disertai kenaikan uang saku remaja itu sendiri kita harus pandai-pandai dalam menentukan langkah. Udah ga jaman uang saku dikontrol terus sama mama papa, kita harus bisa ngontrol sendiri. Nah misalnya nih, kita dikasih uang Rp.300.000,00 perbulan buat jajan, transport sekolah, maen, dan makan diluar rumah, mungkin kalo kegiatan kita ga keluar dari jadwal atau rencana yang udah ada setiap harinya, uang itu bakal cukup, bahkan bisa aja lebih.



Tapiiiiii, kalo ada acara ultah temen, kita ga enak dong kalo ga ngasih kado, atau kalo ada pameran barang-barang bagus, pameran distro misalnya, mau pake duit apa kalo uang jajan kita bener-bener ngepas?

Ini nih beberapa tips yang biasanya works out bgt buat ngatasin keborosanku. cekidot!

1. Jangan mau naik taksi kalo penumpangnya kurang dari tiga orang, ntar urunannya kemahalan, apa lagi kalo tempatnya jauh. Kecuali kalo dibayarin salah satu orang :D

2. Pesanlah makanan paling murah dan minuman paling sederhana jika terpaksa ikut makan di restoran. Misalnya gado-gado + air mineral atau nasi telor + es teh manis.

3. Tabung 50 % uang bulananmu ke celengan yang bisa dibuka. Jadi mau ga mau kita harus hidup sebulan dengan jatah setengah bulan. Tapi kalo terpaksa bisa ambil deh di celenganmu :D

4. Hematlah pulsa dengan cara membatasi budget per hari, misalnya 1000 per hari atau dengan membeli pulsa 5000/ 3 hari. jadi, pulsa lebih terkontrol.

5. Jangan beli baju sendirian. Kita bisa ajak mama atau papa buat ke mall, soalnya kalo ada orang tua, dalam bayar- membayar baju lebih terjamin, walaupun kadang mereka suka cerewet soal barang yang kita beli.

6. Bawa lah bekal ke sekolah. Uda banyak banget sih tips ini di pake, terutama sama anak SD yang ibunya takut kalo anaknya jajan sembarangan. Tapi Aku setuju banget sama ibu-ibu itu, karena disamping jajanan sekolah yang kadar keterjaminannya kurang, kita lebih bisa hemat, disamping bekal yang kita bawa itu bersifat gratis, bekal itu mama kita sendiri yang bikin, dan kalo kita beli di kantin, udah bayar, ga terjamin, ga ada sentuhan cintanya lagi :p

kurang banyak ya tipsnya?                                 
wah sayangnya aku uda kehabisan kata-kata. Pokoknya nih, kita harus hemat dari hati, bukan karena disuruh ortu atau terpaksa. Bener banget tuh kata pepatah yang bunyinya "hemat pangkal kaya", tapi inget, hemat sama pelit itu bedanya tipis banget, jangan sampe kamu dikatain pelit gara-gara program penghematan kamu.
okay, cukup, sekian, trimakasih :D

cheers,
audyardila

No comments:

Post a Comment