Friday, April 2, 2010

Realita Angkot dan Hal yang Terjadi di Dalamnya

Angkot.. alat transportasi yang bisa dibilang paling praktis. Kenapa paling praktis? soalnya kalo kita mau  pergi kemanaaa aja, asal kita tau jurusan angkot yang tepat kita bisa sampai ke tampat itu. Naik angkot juga ga mahal-mahal amat, maksimal 3ribu-4ribu lah.

Jadi inget, dulu waktu aku nonton konser RAN di Admiral, aku ga tau tempatnya dimana, aku cuma modal dikasih tau temen harus naik angkot warna apa, jurusan apa, nomer berapa. Aku ikutin instruksinya, sampe deh di tempat tujuan :D
Di setiap naik angkot nemuin hal-hal unik:
1. Career woman
suatu hari aku ketemu ibu-ibu di angkot, gayanya sih wanita karir gitu deh, dia lagi telpon-telponan sama anaknya pake loudspeaker makanya aku tau, "kak, saosnya di rumah masih ada ga, nanti mama mau bikin spageti." eh anaknya malah ngomong, "ma adik sakit, badannya panas banget". mamanya jawab lagi, "udah dikasih obat embak?" anaknya jawab lagi, "udah ma.. tapi.." mamanya malah nyolot, "saosnya ada ga, cepetan tanya embak!!". (pikirku, kenapa ini ibu-ibu malah mikirin makanan bukan mikirin anaknya yang lagi sakit, seenggaknya dengerin dulu deh tu yang mau diomongin anaknya yg gede..)

2. Alay Girl
Masih berhubungan dengan telpon-menelepon, Di hari lain aku nemu seorang cewe yang dari muka-mukanya sih lagi boring. Kayanya juga lagi banyak pulsa. Dan kayanya lagi, dia kayanya juga lagi cari orang buat ditelpon. Setiap dia nemu orang selalu dia ngomong, "aku pakai headset loh biar dengernya jelas" aku itung ada kali 8kali dia ngomong kayak gitu, dengan 8 orang berbeda. 

3. Smookers
Aku paling sebel nih kalo di angkot yang aku naikin ada yang satu ini. perokok! yes, smookers!. ya Allah, gilak ya tu orang liat-liat kek kalo mau ngrokok. Suatu hari aku dapet tempat pojok di angkot, dan angkotnya padet banget. Sebelah aku ada bapak-bapak gendut lagi ngrokok. Saking sumpeknya gara-gara bau rokok, dan ukuran perokoknya, aku barusaha buka jendela, dan ternyata jendelanya di ga bisa dibuka. -_- bete to the max! aduh gimana nih, mau pindah tempat juga ga bisa, mana tujuanku masih jauh lagi. Pengen nangis rasanya, bisa-bisa aku mati sumpek gara-gara orang ngerokok disitu. Tapi tak disangka, gatau kenapa, mungkin bapak itu sadar aku bete banget dan mungkin dia tau aku ga napas normal waktu di angkot, dia langsung turun. Alhamdulillah bangeeeet!

4. Crying Child
Kalo yang satu ini ni emang nyebelin, tapi lucu aja gitu ada anak kecil (bayi) nangis pengen buru-buru sampe rumah. Tapi nyebelinnya, kalo tu anak pipis di celana dan aku ada di sebelahnya. uda pesing, mana ikutan basah lagi. zz


5. Snobs Know
Suatu hari di angkot ada orang sok tau, nanya ke aku.
orang : mau turun dimana mba?
aku : di java mall, bu
orang : java mall dimana ya?
aku : di... (belom selesai ngomong tu ibu-ibu uda nyaut)
orang : peterongan yaa?
aku : iya buu -_-
orang : mau beli apa?
aku : tempat pensil buu
orang : buat apa?
aku : buat... (blm sempet ngomong lagi)
orang : sekolah yaa?
aku : iya buu -_-'

TIPS NGANGKOT
1. kalo mau murah, kalo mau naik angkot kamu pake aja seragam, walaupun malem-malem kamu naik angkotnya, kan kita naik atas nama pelajar, jadi tariffnya pelajar juga dong?!
2. kabur lah setelah membayar. Kadang supir angkot suka curang, padahal tariff biasanya 2ribu, kita harus bayar 3ribu karena kita ga pake uang pas atau karena kita masih berada di sekita angkot biasanya pak supir bilang gini, "mbak kurang 1000 mba" malah pernah lebai banget sampe mau ditunjukin buku daftar tariff, dan kalo kita ngeyel juga, mau ditelponin polisi -_-. nah oleh karena itu, selain harus pake uang pas, kita juga harus kabur setelah bayar. tapi inget, bayarnya harus pake uang pas loh, ga boleh kurang!
3. jangan mau dimintain uang di dalem angkot kalo yg bertugas sbg kondektur disitu ga ada komunikasi sama supirnya. takutnya kalo abis kita bayar, eh, ternyata dia penumpang, turun, kabur deh dia

(sedikit licik dan maksa sbenernya, tapi yasudahlah daripada naik angkot di jalan yang sesat)

uda deh, sekian aja dari aku.
pesenku, jangan salah pilih angkot ya, perhatikan dulu tujuan angkot yg tertera di kaca, kalo engga tanya ke supirnya, mau ke tujuanmu  atau engga, kalo lebih amannya lagi kamu tanya langsung ke penumpangnya kalo takut diboongin supirnya (tapi sepertinya sedikit berlebihan sih)

sampai jumpa di posting berikutnya.

cheers,
audyardila

6 comments:

  1. omaaa bisaaa nih :DD
    *ngepost komen sambil ngakak gara-gara angkot*

    ReplyDelete
  2. hehe iya, makasi ris, sumpah aku frustasi gara-gara ni blog error, hampir bunuh diri (ga ding :p)

    ReplyDelete
  3. ayo-ayo diterapkan. jangan mau diboongin pak supir angkot :D (maap ya bapak2 :P)

    ReplyDelete