Saturday, April 3, 2010

Sedikit Bernostalgia dengan Kue Sempe

Flashing back, waktu SD kelas 1-3 makanan yang satu ini populeeer banget. Dijual di kantin seharga Rp. 200,00 per-lembarnya. Setiap istirahat, aku ke kantin buat beli makanan yang satu ini, Jamanku, sempenya lebih gede dari yang digambar, sama-sama bulet sih, tapi di tengahnya dikasih semacam tepung biar ga lengket di bibir. Jadi inget dulu pernah jadi bebek-bebekan waktu makan dua sempe sekaligus, terus satu sempe nempel dibibir atas, dan yang satunya dibibir bawah.

Sempe adalah makanan yang ga ada rasanya, tapi ga tau, kenapa dulu aku bisa addicted banget sama makanan ini. Sempe kadang-kadang disajikan dengan arum manis, atau gulali. Tapi aku ga begitu suka, karena sempenya jadi ga berasa sempe :D

Suatu hari, aku nemuin sempe yang sepertinya punya adekku yang masih TK. Saking kangennya, langsung aku buka plastiknya dan aku makan tanpa peduli, ntar si adek nanyain engga. Rasanya bo'... kayak baru ketemu temen yang uda puluhan taun ga ketemu mamen!(fyi, umur saya 16 tahun).
 
Nostalgia. sedikit cerita jaman SD:
Waktu aku SD kelas 1-3 tepatnya di Denpasar waktu itu, mama protektif banget soal makanan. Semua makanan yang berunsur MSG, ga boleh, jajanan depan sekolah juga kalo ga bakpao juga ga boleh. Begitu mama tau kalo di sekolah aku suka makan sempe, mama langsung beliin sempe di supermarket dengan jumlah besar. Dengan alasan mama ga mau aku jajan sembarangan dan makan sempelah sebagai penggantinya, karena bahwa sesungguhnya sempe itu murah, sehat dan bermutu -_-

Di jaman SMA ini kalo di kantin ada yang jual sempe pasti aku bakal ngulangin kebiasaan SDku dulu, disamping murah, sehat dan bermutu, ada satu lagi nilai positifnya, sempe itu ringan, jadi ga bikin gendut. Wah seru sekali~ dan kalopun hal itu bener-bener terjadi, pasti mama juga tidak akan tinggal diam, beliau pasti memberlakukan hal yang sama juga dan dengan tambahan alasan, yaitu untuk penghemat anggaran uang jajanku. zzz

Kalian yang sekarang SMA atau kuliah, ataupun SMP pasti ngalamin kan masa-masa berjayanya sempe? sempe ga kalah kalo dibandingin makanan-makanan ringan jaman sekarang. Tapi mungkin keberadaan sempe yang uda langka banget, jadi kita lupa akan kelezatannya :)

ayo, hunting sempe di sekitar rumahmu, dan silahkan bernostalgia.
cheers
audyardila

6 comments:

  1. wah seru sekali maaa :D
    kapan kapan dibawa ya kue sempenya ntar aku minta hahaha :D

    ReplyDelete
  2. ih mbaaak aku nggak suka itu rasanya aneh -____-

    ReplyDelete
  3. @kharisma waah, sayangnya uda abis duluan tu ris :D

    @luklulug ah masa sih aneh? enak ko, unik :D

    ReplyDelete
  4. aud, km tau caranya buat sempe gak? aku baru coba2 ni...tapi mlah hasilnya kayak roti tak beragi yang nian keras nan alot...hehehe....

    tolong klo udah nemuin kirim ke pul_may@yahoo.com ya....

    ReplyDelete
  5. wah soal bikin sempe aku sendiri belum tau caranya sampe sekarang. makan tinggal makan aja.. hehe

    ReplyDelete
  6. hallo audy. salam kenal. wahhhh, doyan sempe juga yakkk? itu dulu jajanku waktu SD (sekarang saya umur 30...hahaha).kemaren saya nemu sempe, tapi yang udah sepaket ma rambut nenek :)) salam sempe yaa...

    ReplyDelete